KEINDAHAN DUA PULAU DI BATUBARA

Berbicara mengenai Kabupaten Batu Bara tentu tak lepas dari pesonakepariwisataan yang dimilikinya. Kabupaten Batu Bara memiliki sejumlah objekwisata budaya maupun objek wisata bahari yang memiliki pesona yang luar biasa.Kita sungguh beruntung tinggal di daerah yang dianugerahi dengan kekayaan alamkhususnya kekayaan wisata yang luar biasa. Kita memiliki sejumlah pantai dengankeindahannya seperti Pantai Perjuangan yang biasa juga kita kenal dengan namaPantai Jono, Pantai Bunga dan Pantai Bunga Laut Indah, Pantai Kuala Sipare,Pantai Sejarah, Pantai Laksamana, dan Pantai Kubah Padang.
Selainitu kita juga bisa menikmati keindahan alam di Danau Laut Tador atau pun WisataAlam Datuk. Tak hanya itu, Kabupaten Batu Bara juga memiliki dua buah pulauyang memiliki pesona yang luar biasa. Dua pulau indah ini terletak di SelatMalaka yakni Pulau Pandang dan Pulau Salah Nama.

Mungkin tak banyak dari kita penduduk Batu Bara yang pernah mengunjungi duapulau yang indah ini. Sungguh sangat disayangkan karena dua pulau ini justrusangat di kenal oleh wisatawan dari luar Batu Bara bahkan oleh wisatawan asing.Mengingat keindahannya yang luar biasa dan kondisi alamnya yang masih sangatasri membuat dua pulau ini sering dikunjungi oleh wisatawan yang kebanyakanberasal dari luar Batu Bara.

Pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Pemuda OlahragaKabupaten Batu Bara senantiasa berupaya membenahi dua buah pulau yang kitamiliki ini. Dua pulau ini nantinya diharapkan menjadi primadona wisata yang adadi Kabupaten Batu Bara atau Bahkan di Provinsi Sumatera Utara.


Bila kita ingin mengunjungi Pulau Pandang dan Salah Nama, kita dapat menaikiperahu bermotor dari dermaga Tanjung Tiram. Dengan menemupuh perjalanan kuranglebih 2 jam, kita akan sampai di Pulau Salah Nama. Di pulau ini kita bisamelihat bangunan tower telekomunikasi berdiri tegak diatas bukit. di PulauSalah Nama banyak ditinggali berjenis satwa. Pada malam hari kita bisa melihatkilauan lampu perahu nelayan yang menangkap sotong dan cumi-cumi. Tempat inijuga merupakan tempat favorit bagi mereka yang memiliki hoby memancing. Bilakita berjalan menaiki bukit hingga di puncak bukit di Pulau Salah Nama ini,keletihan yang kita rasakan akan segera terbayar begitu menyaksikan pemandangandi sekitar pulau yang luar biasa dari atas puncak bukit. kita juga bisaberteduh di bawah rimbunnya pepohonan yang ada di pulau Salah Nama.

Melihatair yang jernih di sekitar pulau Salah Nama tentunya akan menggoda kita untukmandi di sekitar pulau. Bahkan kita bisa melihat sejumlah ikan berenang-renangdi sekitar Pulau Salah nama. Sesekali bila kita beruntung, kita bisa melihatikan lumba-lumba berenang tak jauh dari Pulau Salah Nama. Para wisatawan jugabiasa mengelilingi pulau ini dengan menggunakan jet sky. Populasi berbagaijenis udang juga cukup banyak di Pulau Salah Nama.
Takjauh dari Pulau Salah Nama dengan menempuh perjalanan selama 15 menit kita bisatiba di Pulau Pandang. Tak kalah menarik dengan Pulau Salah Nama, Pulau Pandangmemiliki potensi keindahan alam yang menakjubkan. Kondisi alam yang asri,perairan yang bersih dan jernih membuat tempat ini menjadi populasi beragambiota laut.

Di Pulau Pandang kita bisa melihat banyak sekali karang yang menghiasi perairandi sekitar pulau. Di perairan sekitar Pulau Pandang juga bisa kita temui bulubabi. Saat ini Pulau Pandang di jaga oleh satuan angkatan laut. Bila kitaberkunjung ke tempat ini, kita bisa melihat adanya penangkaran penyu. Hal lainyang tak kalah menarik yakni adanya sumur air tawar di pulau ini.

Potensikekayaan alam bahari yang dimiliki Pulau Pandang yang telah dikenal hingga kepelosok nusantara khususnya di Pulau Sumatera membuat Tim ekspedisi divingSumatera Utara (POSSI) yang dimotori ketua POSSI Sumatera Utara RudiRinaldi,S.Sos,M.AP dan juga anggota para atlet diving Sumatera Utara Heni,Anggi, Beby dan para mantan atlet polo air Sumatera Utara yakni Zulfan Efendidan Semi Suharto,S.Sos, serta Iwan yang merupakan anggota Angkatan Laut Belawantelah dua kali berkunjung menjajal keindahan biota alam laut Pulau Pandang.Semi Suharto yang saat ini juga menjabat sebagai Kabid Pariwisata DISBUDARPORAKabupaten Batu Bara mengatakan bahwa panorama bawah laut yang ada di PulauPandang sungguh menakjubkan. Kegiatan Diving ataupun Snorkling sungguh sangatcocok dilakukan di objek wisata ini.

Berbagai Jenis ikan laut dengan keindahannya dapat kita saksikan di Pulau ini.Semi menuturkan bahwa ia telah mempromosikan keindahan Pulau Pandang kepadarekan-rekannya dan mereka yang telah mengunjungi Pulau Pandang menyatakan kekagumannyaatas objek wisata ini. Lebih lanjut Semi juga mengatakan bidang PariwisataDISBUDARPORA Kab. Batu Bara bekerja keras dalam upaya pengembangan sejumlahdestinasi wisata yang ada di Kabupaten Batu Bara melalui program-programpembangunan yang terpadu ataupun promosi kepariwisataan ke luar daerah. Semiyakin kekayaan wisata yang dimiliki Kabupaten Batu Bara dengan penataan danpengelolaan yang tepat akan menjadikan objek wisata di Kabupaten Batu Baramenjadi primadona wisata di Pulau Sumatera atau bahkan luar Pulau Sumatera danbukan tak mungkin suatu saat nanti pariwisata Batu Bara menjadi sumberpemasukan pendapatan asli daerah yang terbesar.

SemiSuharto,S.Sos juga memaparkan bahwa dalam pembangunan dan pengembangankepariwisataan di Kabupaten Batu Bara tidak saja berasal dari perhatian pemkabBatu Bara sendiri ataupun Pemerintah Pusat melainkan perlunya peranan dari parainvestor. Investor memegang peranan penting dalam pembangunan dan pengembangankepariwisataan. Belajar dari beberapa daerah di Republik ini seperti Bali yangsudah diakui keberhasilannya dalam pengelolaan kepariwisataan, para investor ternyatamemegang peran besar tersendiri. Melihat keadaan itu bidang pariwisata DinasKebudayaan, Pariwisata dan Pemuda Olahraga Kabupaten Batu Bara bekerja secaraaktif dalam upaya pengembangan kepariwisataan kabupaten yang kita cintai ini.Melalui promosi yang gencar dilakukan diharapkan dapat menarik minat investoryang ada untuk dapat menanamkan modalnya membangun kepariwisataan di KabupatenBatu Bara.


Pulau PandangPulau PandangPulau Salah NamoPulau Salah Namo

Komentar

  1. udah 3 kali mengunjungi pulau pandang & pulau salahnamo. gk bosan-bosanya berkunjung kesana.
    pulau ini rekomended bgt buat yg cinta traveling khususnya buat diving n snorkling.

    kalau di sumatera utara aja ada tempat seindah ini kenapa juga harus jauh-jauh ke bali, lombok atau bahkan keluar negari ...

    sudah waktunya kita mempromosikan wisata daerah kita ke banyak orang ...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesona Alam Batu Gajah Tapteng

Taman Eden 100 (Goa Kalilawar)

Gunung Sibayak