SIBUATAN (PUNCAK TERTINGGI SUMATERA UTARA)





Puncak tertinggi untuk kawasan Sumatera utara yaitu gunung Sibuatan dengan ketinggian lebih kurang 2745mdpl berada di antara empat kabupaten, yakni kab. Karo, kab. Toba, kab. Deli Serdang, dan kab. Dairi
gunung Sibuatan berada pada posisi pertama di deretan gunung-gunung di SUMUT, mengalahkan posisi sorik merapi dengan ketinggian 2145mdpl dan Sinabung dengan ketinggian hanya 2475mdpl. bila memang sinabung merupakan puncak gunung aktif tertinggi untuk kawasan SUMUT, maka Sibuatan merupakan puncak gunung pasif tertinggi di SUMUT.
untuk jalur tracking gunung sibuatan anda hanya dapat melalui jalur panjang saja, yang membutuhkan waktu 5 sampai 9 jam. sebenarnya untuk jalur gunung ini ada jalur yang hanya membutuhkan waktu 3 jam, namun warga setempat sepakat untuk tidak memberitahu pada para pendaki dimana posisi jalur ini, karena yah..kita tahu sendiri bagaimana kita para pendaki...

beberapa hal yang perlu diwaspadai dalam melakukan pendakian ke gunung Sibuatan antara lain:
- ketersediaan air yang kurang, dan bahkan tidak ada sama sekali di bagian puncak
- peralatan penambah kehangatan badan, ini dikarenakan suhu di malam hari gunung ini bisa mencapai 15'C
- pengetahuan navigasi darat
pada ketinggian-ketinggian tertentu juga kita dapat menjumpai tiga macam ekosistem vegetasi, yakni hutan alam, hutan lumut dan perdu. untuk ketiga ekosistem diatas anda harus mewaspadai hutan lumut, dikarenakan banyaknya kemungkinan untuk tersesat di kawasan ini.

untuk pendakian gunung Sibuatan anda tidak perlu takut akan kecewa, karena perjuangan keras anda untuk mencapai puncak akan terbayarkan dengan view danau toba yang super luarbiasa indahnya disertai dengan vegetasi-vegetasi unik seperti nepenthes sp (kantong semar). dan berbagai vegetasi lainnya juga hamparan perdu yang luas.

bagaimana?? Tertarik?? Silahkan mencoba dan selamat sukses..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesona Alam Batu Gajah Tapteng

Taman Eden 100 (Goa Kalilawar)

Gunung Sibayak